Tips Membeli Sepeda Motor Trail

Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan saat membeli sepeda motor trail pertama Anda. Terkadang sulit menentukan sepeda terbaik untuk setiap individu karena produsen sepeda motor trail menawarkan banyak pilihan. Penting untuk meneliti berbagai jenis sepeda motor trail yang tersedia sehingga Anda dapat membeli sepeda yang sesuai dengan tingkat keahlian Anda.

Apakah sepeda motor trail Anda akan digunakan untuk tujuan rekreasi atau apakah Anda berencana untuk balapan?

Beberapa pabrikan menawarkan sepeda yang lebih spesifik untuk pilihan berkendara Anda. Jika Anda berencana untuk mengendarai sepeda motor trail Anda sebagai kegiatan rekreasi, Anda harus memutuskan apakah Anda ingin mengendarai jalan setapak, trek, atau keduanya.

Honda, misalnya, menawarkan sepeda trail dan motorcross. Keluarga sepeda CRF menawarkan sepeda motor kelas R, kelas F, dan kelas X.

  • Kelas R adalah sepeda motorcross murni yang dirancang dengan mempertimbangkan trek motorcross dan kompetisi. 
  • Kelas X ditawarkan sebagai CRF250X dan CRF450X. Sepeda ini digunakan dalam balap pabrik di Baja 1000 dan Baja 500. Mereka seperti saudara mereka di kelas R tetapi sepeda kelas X datang dengan lampu depan dan diarahkan serta disetel dengan mempertimbangkan jejak berkendara. 
  • Honda CRF juga menawarkan sepeda kelas F yang dibuat lebih untuk para pejuang akhir pekan atau untuk pengendara yang ingin menghabiskan waktu berkendara dan tidak terlalu banyak waktu mengerjakan sepeda mereka. Sepeda kelas F sedikit lebih “nyaman” dengan start elektrik dan suspensi yang lebih mewah. Sepeda kelas F sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga; dan beri anak-anak istirahat dari video game!

Honda bukan satu-satunya pabrikan yang menawarkan variasi ini, jadi Anda harus meneliti setiap pabrikan sebelum membeli

Jika Anda berencana untuk balapan, Anda mungkin juga menghadiri beberapa balapan lokal dan bertanya kepada pengendara mengapa mereka lebih memilih pabrikan sepeda motor trail tertentu daripada yang lain.

Usia, Ukuran, dan Pengalaman Penunggang

Usia dan ukuran pengendara adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan dan juga tingkat pengalaman pengendara harus dipertimbangkan. Jangan menjadi Superman dan belilah sepeda di luar tingkat keahlian Anda. Mengendarai di atas kepala Anda dapat terjadi di trek serta dengan memilih ukuran sepeda Anda. Lebih baik mengendarai sepeda yang sesuai dengan tingkat pengalaman Anda dengan baik daripada terlihat keren dengan sepeda yang lebih besar yang terlalu bertenaga untuk Anda.

Sepeda Baru vs. Sepeda Bekas

Mana yang lebih baik untuk Anda? Jika Anda baru dalam mengendarai sepeda motor trail, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membeli sepeda motor trail bekas terlebih dahulu karena membeli sepeda motor trail baru merupakan investasi yang signifikan hanya untuk mengetahui bahwa itu mungkin bukan milik Anda setelah mencobanya satu atau dua kali. Nilai jual kembali sepeda motor trail baru turun segera setelah Anda meninggalkan toko dengan mainan baru Anda. Jika Anda memutuskan bahwa Anda tidak suka mengendarai sepeda motor trail Anda, akan lebih sulit untuk mendapatkan pengembalian investasi yang baik jika Anda ingin segera menjualnya.

Jika Anda membeli sepeda motor trail bekas, Anda biasanya dapat menjualnya dengan harga yang sama dengan yang Anda bayarkan jika Anda memutuskan setelah mencobanya sekali atau dua kali bahwa mengendarai sepeda motor trail bukan untuk Anda. Juga perlu diingat bahwa sepeda motor trail bekas seperti mobil bekas– Anda tidak tahu apa yang Anda dapatkan. Ini membantu jika Anda sedikit cenderung mekanis sehingga Anda akan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan memperbaiki sepeda motor trail bekas jika ada sesuatu yang rusak segera setelah pembelian Anda.

Sepeda motor trail baru sangat bagus karena kemungkinan besar Anda harus mendapatkan semacam garansi dan sepeda baru tidak memerlukan banyak perawatan sejak awal. Ada juga sesuatu yang menarik tentang membeli sepeda bekas dan membuatnya baru, jika Anda suka bekerja dengan sepeda Anda.

Apakah Anda memilih untuk membeli baru atau bekas, sepeda Anda pada akhirnya akan dibongkar dan dipasang kembali, baik oleh Anda atau mekanik berpengalaman. Saat Anda merawat sepeda sendiri, akan jauh lebih mudah untuk memperbaiki masalah di trek atau di mana pun Anda berkendara. Tidak peduli seberapa baik Anda merawat sepeda Anda, sesuatu pada akhirnya akan rusak! Memiliki beberapa suku cadang, seperti busi, dan kotak peralatan yang berisi peralatan yang sesuai selalu membantu.

Saat membeli sepeda motor trail bekas, tujuan Anda sebagai pembeli adalah tampil berpengetahuan dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada penjual, seperti:

  • Apakah sepeda motor trail telah dilombakan?
  • Berapa banyak pemilik sepeda itu?
  • Bisakah Anda memberi tahu saya tentang riwayat servis sepeda?
  • Untuk apa sepeda itu digunakan dan di mana ia dikendarai?

Dua Stroke vs Empat Stroke

Sekali lagi apa yang Anda rencanakan? Jika Anda hanya berkendara untuk bersenang-senang, dua tak lebih murah dalam hal perawatan. Empat langkah memiliki katup dan lebih sedikit waktu antara penyetelan. Dua pukulan dengan campuran minyak dan gas yang tepat akan bertahan lama. Anda mungkin berpikir, “Keduanya memiliki katup,” dan memang ada, tetapi dua langkah memiliki katup buluh dan empat langkah memiliki katup yang bekerja bersama dengan poros bubungan dan harus tetap pada waktunya dengan poros engkol dan piston agar tidak ‘ t saling memukul. Jika mereka over-revved dan mereka membuat kontak, katup akan bengkok atau pecah dan itu akan sangat mahal.

Jika Anda telah melakukan semua penelitian dan Anda masih tidak yakin mana yang merupakan pilihan terbaik, Anda dapat memilih pabrikan pembalap Supercross favorit Anda; atau Anda dapat memulai dengan warna favorit Anda dan melakukan perjalanan ke toko olahraga motor lokal Anda dan meminta penjual membagikan apa yang mereka ketahui tentang sepeda tertentu.

“Lima Besar” dan Pembalap Supercross Populer meliputi:

  • Merah: Harga Motor Honda , Kevin Windham
  • Hijau: Kawasaki, Ryan Villopoto
  • Oranye: KTM, Justin Brayton
  • Kuning: Suzuki, Chad Reed
  • Biru: Yamaha, James Stewart

Setelah Anda memutuskan sepeda motor trail yang sempurna sesuai dengan preferensi Anda, pastikan Anda memiliki semua perlengkapan keselamatan yang tepat sebelum membawa sepeda Anda keluar untuk perjalanan menyenangkan pertama Anda di trek atau jalur favorit Anda. Naik Aman!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.