Drum Kpanlogo Afrika

Dari suku Ghana, Afrika Barat, gendang tradisional Kpanlogo dikaitkan dengan musik Kpanlogo dan tarian suku Ga dan Ewe. Kpanlogo adalah anggota membranofon, atau cangkang tertutup kepala gendang atau membran yang diregangkan bergetar, keluarga alat musik.

Ansambel Kpanlogo terdiri dari berbagai instrumen perkusi termasuk Kpanlogo dalam berbagai ukuran, Djembe, dan drum dunun, bersama dengan shekeres (pengocok), lonceng logam. dan lonceng sapi.

Menurut Harga Drumband kepala gendang Kpanlogo biasanya terbuat dari kulit mentah kulit kijang, tetapi bisa juga terbuat dari kulit sapi, atau lebih jarang, kulit kambing. Antelop yang dicukur dan kepala kulit sapi terdengar hampir identik, dan memberikan permukaan drum yang tebal dan kuat. Kulit dikencangkan dan disetel melalui penggunaan enam pasak kayu. Melalui permainan yang penuh semangat, nada nada mungkin sedikit turun. Pasak penyetelan memungkinkan koreksi yang mudah melalui ketukan sederhana pasak dengan palu karet, kayu, atau kulit (TIDAK PERNAH logam!) sampai nada yang diinginkan tercapai.

Penampilan drum Kpanlogo sangat mirip dengan drum Conga. Cangkang Kpanlogo diukir dari sepotong kayu, seperti kayu Tweneboa, atau kayu schwenoha yang dipanen secara lestari. Setiap gendang memiliki simbol detail, atau adinkra, yang diukir di sisi-sisinya. Adinkra adalah representasi visual dari sikap dan keyakinan sosial, agama, dan moral, dan menambah keindahan unik pada setiap gendang.

Ini dapat dimainkan menggunakan teknik apa pun yang mirip dengan Conga atau Djembe Drums. Menggunakan teknik tradisional mereka, Ewe of Ghana mengembangkan lima variasi suara yang berbeda.

1. Bass – Sambil memegang jari erat-erat, dengan telapak tangan sedikit ditangkupkan, pantulkan bagian tengah kepala

2. Nada – Pukul kepala dengan jari telunjuk. Pada saat yang sama, biarkan buku jari ke-3 melakukan kontak dengan tepi drum

3. Tampar – Sekali lagi, dengan jari-jari yang kuat, pukul kepala drum, sementara bagian atas telapak tangan menyentuh pelek

4. Bisu – Menggunakan ujung jari yang kuat, pukul drum, menghasilkan suara “mati” tanpa nada

5. Muted Slap – Buat retakan bernada tinggi dengan meletakkan telapak tangan yang terbuka di satu tangan di kepala drum dan “menampar” dengan tangan yang lain

Kpanlogo TIDAK dirancang untuk dimainkan dengan pengocok atau tongkat. Meskipun kulit antelop yang digunakan untuk kepala drum sangat keras, menggunakan benda untuk memukul drum Anda dapat menyebabkan kerusakan pada kepala.

Mempertahankan kondisi Kpanlogo Anda membutuhkan sedikit usaha dari pihak Anda. Kepala dan badan dapat dengan mudah dibersihkan menggunakan kain lembab (JANGAN BASAH!). Minyak dari tangan Anda, yang ditransfer saat bermain, harus cukup untuk menjaga agar kepala drum tetap fleksibel. JANGAN gunakan produk pembersih komersial baik pada kepala atau badan drum Anda, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit kepala atau permukaan tubuh.

Jika kepala drum menjadi sangat kering, misalnya, jika jarang digunakan dalam jangka waktu yang lama, gunakan saus yang SANGAT RINGAN dari zaitun, atau minyak sayur lainnya. Berhati-hatilah dalam menyeka kelebihan APAPUN, dan pastikan untuk menghapus semua pembalut yang mungkin menetes ke badan drum. Dengan penggunaan dan perawatan yang tepat, Drum Kpanlogo Anda akan bertahan seumur hidup untuk kesenangan bermain drum!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.