Tempat Wisata Terbaik di Banda Aceh

7 Tempat Wisata Terbaik di Banda Aceh, Berencana liburan ke Kota Banda Aceh? Cek dahulu bermacam saran destinasi tempat wisata di Banda Aceh sangat terkenal serta kesukaan. Sebagai provinsi yang terletak sangat Barat dari Indonesia serta ialah pintu gerbang mengarah daratan Sumatra dari sisi utara, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam jadi salah satu destinasi wisata untuk kalian yang tertarik dengan wisata religi ataupun bimbingan terpaut tsunami.

Kota Banda Aceh yang ialah ibukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam pula kerap diketahui dengan nama Serambi Mekah. Berikut saran tempat wisata terbaik di Kota Banda Aceh buat kalian.

1. Halaman Sari Gunongan serta Pinto Khob

Apabila India memiliki Taj Mahal, hingga Banda Aceh memiliki Halaman Sari Gunongan. Keduanya bersama ialah simbol cinta dari para raja buat permaisurinya. Objek wisata di Banda Aceh ini terletak di dalam lingkungan Halaman Sari Bustanussalatin Banda Aceh yang dilalui oleh Sungai Krueng Daroy.

Destinasi wisata Banda Aceh ini khas dengan bangunan yang dinamakan Penterana Batu. Penterana Batu ialah sofa yang berupa kelopak bunga yang mekar. Tidak hanya Penterana Batu, halaman ini pula dilengkapi dengan‘ Kandang Baginda’ yang ialah posisi pemakaman keluarga Sultan Kerajaan Aceh. Tidak jauh dari bangunan utama Gunongan, ada Pinto Khob ialah pintu penghubung antara Halaman Sari Gunongan serta Istana. Tempat wisata di Banda Aceh satu ini sesuai banget buat kalian yang suka gambar sebab landscape nya yang indah.

2. Wisata Religi serta Arsitektur Masjid Raya Baiturrahman

Sejarah Aceh tidak dapat lepas dari peradaban serta budaya Islam. Masjid Raya Baiturrahman ialah simbol agama, budaya, semangat, perjuangan, serta nasionalisme rakyat sebab masjid tersebut selamat dari musibah tsunami pada 26 Desember 2004 silam jadi tempat evakuasi masyarakat.

Objek wisata religi di Banda Aceh ini khas dengan kubah besarnya yang bercorak gelap serta dilengkapi dengan 12 payung elektrik di taman masjid yang menyamai Masjid Nabawi di Madinah. Masjid dapat menampung sampai 30. 000 orang.

Turis yang berkunjung ke masjid ini umumnya menghabiskan waktu dengan menekuni sejarah masjid, menikmati keelokan arsitekturnya, serta mengabadikan gambar di kawasan masjid.

3. Tepi laut Lampuuk

Tepi laut yang mempunyai garis tepi laut selama 5 km ini berpasir putih, air laut bercorak biru kehijauan, serta ombak yang bersahabat buat para peselancar. Tidak hanya panorama alam laut, wisatawan pula dapat menikmati panorama alam pepohonan pinus yang lebat serta daratan pegunungan yang hijau. Yang tidak kalah indah dengan tepi laut yang lain, wisatawan dapat menikmati panorama matahari terbenam yang indah sebab destinasi wisata di Banda Aceh ini menghadap ke Samudera Hindia.

Aktivitas yang dapat dicoba wisatawan di kawasan objek wisata di Banda Aceh merupakan sangai, bermain istana pasir, berselancar, bermain banana boat, serta mendatangi konservasi penyu. Sarana yang ada di dekat tepi laut ini merupakan tempat makan serta minum dan penginapan dari kelas losmen sampai cottage untuk turis. Buat akomodasi mengarah Tepi laut Lampuuk, dianjurkan buat memakai kendaraan individu ataupun merental kendaraan sebab masih belum terdapat akses transportasi universal ke wisata di Banda Aceh ini.

4. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh dirancang oleh arsitek asal Bandung serta Gubernur Jawa Barat ialah Ridwan Kamil selaku monumen simbolis buat musibah gempa bumi serta tsunami pada 2004 silam. Tidak hanya jadi monumen simbolis, museum ini pula dijadikan selaku pusat pembelajaran musibah serta tempat proteksi darurat apabila tsunami terjalin lagi. Menjelma selaku salah satu destinasi wisata di Banda Aceh, museum ini dilengkapi dengan simulasi elektronik gempa bumi serta tsunami 2004 silam.

Museum ini berisikan gambar dan cerita masyarakat yang selamat dari musibah tsunami. Tidak hanya itu, ada ruangan yang dinamakan‘ Sumur Doa’ dengan nama- nama korban musibah tsunami tertera di bilik ruangannya. Dari samping, bangunan museum ini nampak kapal penyelamat besar dengan geladak yang luas. Tetapi apabila dilihat dari atas, bangunan ini nampak menyamai gelombang tsunami. Sebab desain serta arti museum ini, Museum Tsunami Aceh jadi salah satu destinasi wisata kesukaan di Banda Aceh untuk turis.

5. Bukit Lhok Eumpe

Tidak hanya tepi laut, Aceh pula mempunyai bentang alam yang indah berbentuk bukit yang berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Banda Aceh ataupun dapat ditempuh sepanjang 10- 15 menit dengan sepeda motor. Panorama alam yang disuguhkan di objek wisata Banda Aceh ini merupakan bukit- bukit yang hijau, panorama alam pohon- pohon kelapa yang ditanam pada kebun masyarakat, serta hamparan sawah yang hijau.

Aktivitas yang dapat dicoba di Bukit Lhok Eumpe merupakan berkemah, menikmati panorama alam sembari duduk di atas ayunan ataupun hammock, dan bermacam kegiatan outdoor yang lain. Tertarik bermalam di destinasi wisata di Banda Aceh yang indah ini?

6. PLTD Apung 1

Monumen PLTD( Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) ini ialah salah satu saksi bisu musibah tsunami pada 2004 silam. Pada dikala peristiwa tsunami, kapal apung PLTD seberat 2. 600 ton yang sebelumnya terletak di laut ini terseret ombak tsunami dari daerah perairan Ulee Lheue sepanjang 5 km mengarah pusat Kota Banda Aceh.

Kapal apung ini telah berpindah guna dari pembangkit listrik jadi fasilitas wisata bimbingan di Aceh. Dikala ini, wisatawan dapat naik ke atas kapal. Di tempat wisata Banda Aceh ini ada 2 tower, jalur setapak, air mancur, serta suatu monumen yang dilengkapi data, gambar, serta video menimpa tsunami Aceh 2004.

7. Kapal Apung Lampulo

Tidak hanya PLTD Apung 1, terdapat saksi bisu musibah tsunami yang lain yang pula dijadikan objek wisata di Banda Aceh untuk para turis, ialah kapal apung. Kapal nelayan pencari ikan seberat 65 ton ini terhempas gelombang tsunami setinggi 9 m dari laut serta tersangkut di atas suatu rumah penduduk.

Kapal yang dibuat dari kayu ini sudah jadi penyelamat dikala dikala tsunami 2004 terjalin. Monumen ini bisa jadi pengingat untuk kita hendak kebesaran Tuhan. Wisatawan dapat menggapai tempat ini dengan memakai labi- labi ataupun becak motor dari Banda Aceh.

Nah, itu tadi saran tempat wisata terbaik di Banda Aceh. Rencanakan petualanganmu jelajahi bermacam objek wisata di Banda Aceh tersebut dengan paket wisata dari Sikidang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.