Fakta Mengejutkan Teori Domino Heinrich Tentang Kecelakaan Kerja!

Fakta Mengejutkan Teori Domino Heinrich Tentang Kecelakaan Kerja!

Menurut penelitian yang dijalankan oleh Heinrich, 98 prosen kecelakaan disebabkan oleh tindakan tidak aman. Maka berasal dari itu, Heinrich menyatakan, kunci untuk mencegah kecelakaan adalah dengan menghalau tindakan tidak safe sebagai penyebab kecelakaan.

Teori Domino Heinrich oleh H.W. Heinrich, tidak benar satu teori ternama yang mengatakan terjadinya kecelakaan kerja. Dalam Teori Domino Heinrich terdapat lima penyebab kecelakaan, di antaranya:

1. Hereditas teori domino k3

Hereditas termasuk latar belakang seseorang, seperti pengetahuan yang tidak cukup atau termasuk sifat seseorang, seperti keras kepala.

2. Kesalahan manusia

Kelalaian manusia meliputi, dorongan rendah, stres, konflik, kasus yang berkaitan dengan fisik pekerja, keahlian yang tidak sesuai, dan lain-lain.

3. Sikap dan kondisi tidak aman

Sikap/ tindakan tidak aman, seperti kecerobohan, tidak mematuhi prosedur kerja, tidak menggunakan alat pelindung diri (APD), tidak mematuhi rambu-rambu di area kerja, tidak mengurus izin kerja beresiko sebelum akan memulai pekerjaan dengan risiko tinggi, dan sebagainya.

Sedangkan, kondisi tidak aman, meliputi pencahayaan yang kurang, alat kerja tidak cukup layak pakai, tidak tersedia rambu-rambu keselamatan kerja, atau tidak tersedianya APD yang lengkap.

4. Kecelakaan kerja

Kecelakaan kerja, seperti terpeleset, luka bakar, tertimpa benda di area kerja terjadi karena ada kontak dengan sumber bahaya.

5. Dampak kerugian

Dampak kerugian sanggup berupa:

Pekerja: cedera, cacat, atau meninggal dunia
Pengusaha: biaya langsung dan tidak langsung
Konsumen: ketersediaan produk
Kelima faktor penyebab kecelakaan ini tersusun seperti kartu domino yang di berdirikan. Hal ini berarti, kecuali satu kartu jatuh, maka bakal menimpa kartu lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.