Rencanakan Promosi Anda

Jadi Anda ingin menjalankan promosi, ya? Mungkin penampilan, atau iklan neon box akrilik. Mungkin Anda ingin mengadakan pameran dagang mini, atau menyewa band untuk bermain di luar toko Anda.

Sebelum Anda hanya memberikan kartu kredit atau menulis cek untuk membuat sesuatu terjadi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda memberi tahu orang lain bahwa Anda ingin sesuatu turun.

Objektif:

Apa tujuan Anda? Apa yang Anda inginkan terjadi setelah promosi atau acara benar-benar terjadi? Mungkin Anda ingin menambah daftar email Anda sebanyak 547 nama. Atau mungkin Anda ingin menarik 1.322 orang baru ke toko Anda. Saya tahu – Anda mencoba meningkatkan volume pembelian di toko yang sama sebesar 5,3% pada bulan Maret ini dibandingkan dengan bulan Maret lalu.

Ada apa dengan angka aneh itu? Tidak, saya tidak mencoba untuk menjadi lucu – atau brengsek. Anda harus sangat spesifik tentang tujuan Anda. Anda perlu mengukurnya sehingga Anda dapat mengukur hasilnya. Anda harus menjauh dari berpikir untuk menambahkan “banyak” pelanggan baru, atau “sedikit lagi” penjualan bulan ini. “Beberapa ribu dolar lebih” tidak memiliki cara nyata untuk diukur – berapa tepatnya “beberapa?”

Biaya:

Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk menjalankan promosi atau iklan ini? Saya tidak mengatakan “harga” – itulah dolar yang akan Anda keluarkan untuk membuat semuanya berjalan lancar. Saya bilang biaya. Apakah Anda perlu memindahkan karyawan dari satu tugas ke tugas lainnya? Menerima perhatian selalu membuat orang bertanya. Apakah staf layanan pelanggan Anda siap mengajukan pertanyaan khusus untuk promosi? Apakah Anda perlu membuat orang bekerja lebih lama, sehingga mereka dapat mengemas lebih banyak kotak, sehingga Anda dapat mengirimkan tiga pengiriman per hari? Apakah Anda perlu berada jauh dari rumah lebih lama, dan melewatkan pertandingan liga kecil dan resital tari anak-anak Anda? Semua ini adalah biaya, dan Anda perlu tahu bahwa itu ada, dan Anda harus membayarnya.

Rencana:

Apa sebenarnya rencana Anda untuk promosi ini? Anda memiliki satu, kan? Promosi apa yang akan dilakukan, siapa yang bertanggung jawab untuk apa? Langkah apa yang perlu dilakukan, dan oleh siapa? Apa yang perlu di mana, dan kapan? Apa tanggal & waktu untuk setiap tonggak sejarah? Seperti apa prosedur pembersihannya? Apakah Anda bahkan memerlukan prosedur pembersihan? Semua ini, dan lebih banyak lagi, harus dicakup oleh rencana Anda.

Statistik:

Selama acara promosi Anda berlangsung, apa yang Anda ukur? Bagaimana Anda mengukur? Siapa atau apa yang melakukan pengukuran? Di mana dan bagaimana Anda merekam hasilnya? Siapa yang bertanggung jawab untuk memastikan semua data direkam? Bisakah mereka memperbaikinya ketika – dan bukan jika – semuanya kacau?

Hasil:

Data adalah semua informasi yang Anda kumpulkan. Statistik adalah bagaimana kumpulan data #2 – semua info yang baru saja Anda buat – dibandingkan dengan kumpulan data #1 – semua info yang sudah Anda miliki. Sekarang terserah Anda – dan mungkin orang lain – untuk melihat data, melihat statistik yang dihasilkan, dan memutuskan hasilnya. Yah, saya kira hasilnya seperti itu. Maksud saya adalah, Anda akan memutuskan apakah hasilnya baik, buruk, atau acuh tak acuh. Mungkin Anda mengukur sesuatu yang tidak layak diukur. Mungkin Anda lupa mengukur sesuatu yang sangat penting. Apakah hasil Anda “baik” atau “buruk” itu subjektif. Bagaimana hasilnya sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai?

Bilas & Ulangi:

Jadi, setelah Anda menjalankan iklan atau acara, Anda harus memutuskan – pertama-tama – apakah Anda akan mengulangi promosi ini. Jika demikian, kapan? Jika tidak, apa yang akan Anda lakukan, dan kapan? Jika Anda menyimpan acara ini, apa yang akan Anda lakukan secara berbeda? Siapa yang akan Anda liput semua poin tindakan penting selama acara? Siapa yang akan bertanggung jawab untuk apa selama putaran berikutnya?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.