Cara Mengatur Ponsel Android Baru Anda

JIKA ANDA BARU SAJA membuka kotak ponsel Android baru yang mengilap, Anda mungkin senang memainkannya. Ada sedikit pengaturan yang harus ditangani terlebih dahulu, tetapi jangan merasa gentar—apakah itu Samsung Galaxy S21 atau Google Pixel 6, proses memulai Android pada dasarnya sama, dan sangat sederhana.

Dengan sedikit persiapan, semuanya akan berjalan dengan cepat dan lancar. Inilah yang Anda inginkan sebelum memulai:

  • Ponsel lama Anda (tidak penting, tetapi ada baiknya untuk memilikinya)
  • Kartu SIM Anda
  • Detail Wi-Fi Anda
  • Detail akun Google Anda (Anda harus memiliki akun Google untuk menggunakan ponsel Android)

Diperbarui Desember 2021: Kami telah menyesuaikan panduan ini untuk mencerminkan yang terbaru di Android.

Penawaran khusus untuk pembaca Gear: Dapatkan langganan 1 tahun ke WIRED seharga $5 (diskon $25). Ini termasuk akses tak terbatas ke WIRED. com dan majalah cetak kami (jika Anda mau). Langganan membantu mendanai pekerjaan yang kita lakukan setiap hari, untuk informasi lebih lengkapnya di Berita Tutorial Terbaru.

Cadangkan Ponsel Lama Anda

Untuk transisi yang mulus dari ponsel lama ke baru, Anda harus mulai dengan mencadangkan ponsel lama Anda. Cara paling sederhana adalah dengan mencadangkan data Anda ke akun Google Anda. Pilihan menu dapat sedikit berbeda dari telepon ke telepon. Misalnya, pada Pixel, Anda pergi ke Settings, System, Backup, tetapi pada ponsel Samsung Galaxy, Anda pergi ke Settings, Accounts and backup, Backup and restore. Jalur mana pun yang Anda ambil, pastikan opsi pencadangan diaktifkan saat Anda tiba di sana dan ketuk Cadangkan sekarang. Kami memiliki panduan lengkap tentang cara mencadangkan ponsel Android Anda jika Anda ingin tahu lebih banyak.

Melakukan hal ini memastikan bahwa kontak, kalender, pesan teks, wallpaper, aplikasi, dan beberapa pengaturan sistem lainnya akan beralih ke perangkat baru Anda. Ponsel lama Anda perlu beberapa saat untuk mengunggah semuanya, terutama jika Anda belum mencadangkan baru-baru ini.

Jika Anda beralih dari iPhone, instal aplikasi Google Drive. Di aplikasi Google Drive di iPhone Anda, buka Pengaturan, Cadangkan, dan pilih semua yang ingin Anda simpan dan pindahkan ke ponsel baru Anda. Anda juga harus membuka Pengaturan iPhone dan mematikan iMessage dan FaceTime, jika tidak, Anda mungkin melewatkan panggilan dan SMS di ponsel baru Anda.

Menyiapkan Ponsel Android Baru Anda

Letakkan kartu SIM Anda di ponsel baru Anda dan tahan tombol daya untuk menyalakannya. Setelah Anda menyalakan perangkat Anda, Anda akan disambut dengan serangkaian tugas pengaturan. Di sinilah Anda akan mengatur preferensi bahasa Anda, menyambungkan ke jaringan Wi-Fi rumah Anda, dan memasukkan detail akun Google Anda. Ini sama dengan alamat dan kata sandi Gmail Anda. Siapkan fitur keamanan seperti kode sandi buka kunci perangkat dan fitur buka kunci sidik jari, jika ponsel Anda menawarkannya. Terakhir, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin menggunakan Google Assistant dan mengatur perintah suara jika Anda melakukannya.

Masuk ke akun Google Anda memudahkan untuk menyiapkan telepon baru dari sana. Hal-hal seperti kontak, kalender, dan email yang terkait dengan akun Google Anda apakah Anda menyimpannya di sana dari web atau ponsel lama Anda dapat mengalir ke perangkat baru Anda setelah Anda masuk. Anda akan diminta untuk memilih apa yang Anda inginkan pulihkan dari cadangan terbaru Anda. Ini adalah kesempatan bagus untuk memindai daftar aplikasi Anda dan membuang aplikasi atau game lama yang tidak Anda gunakan lagi.

Tergantung pada ponsel Android baru yang Anda pilih, Anda mungkin mendapatkan opsi untuk menyalin data dari perangkat lama Anda secara langsung. Ini biasanya dilakukan melalui Wi-Fi, tetapi terkadang Anda dapat menghubungkan kedua ponsel dengan kabel. Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk menyalin data lama Anda (terutama foto dan video), jadi kami sarankan Anda melakukannya jika diberi opsi, untuk lebih lengkpanya di Teknosional.

Jika Anda tidak mendapatkan opsi untuk menyalin data secara langsung, atau Anda memilih untuk tidak melakukannya, Anda akan menginginkan metode lain untuk menyalin foto dan video berharga Anda. Baik ponsel lama Anda adalah Android atau iPhone, taruhan terbaik Anda adalah menggunakan layanan berbasis cloud Google, Google Foto, yang sudah diinstal sebelumnya di perangkat Android. Ini juga merupakan tempat foto Anda disimpan secara otomatis setiap kali Anda mencadangkan foto di ponsel Android. (Jika Anda terlalu sering kehabisan ruang di akun Google, lihat panduan kami tentang cara mengosongkan ruang).

Jika Anda belum menggunakan foto Google, tidak apa-apa. Ambil ponsel lama Anda, dan cadangkan semua foto Anda ke awan Google Foto dengan membuka aplikasi dan mengetuk ikon pengguna bulat kecil Anda di kanan atas. Pilih Cadangkan sekarang dan tunggu hingga foto disinkronkan. Foto Anda kemudian akan tersedia untuk dijelajahi dan diunduh di ponsel Android baru Anda—serta web, dan perangkat iOS apa pun tempat Anda mengunduh aplikasi Google Foto.

Setelah Anda menyinkronkan semua data yang tersedia dari akun Google Anda, Anda akan ingin menautkan beberapa akun Anda yang lain ke telepon Anda untuk integrasi yang mulus di telepon. Cukup buka Pengaturan, Akun (atau Kata Sandi & akun ), pilih Tambah akun, dan masukkan info Anda untuk Facebook, Twitter, Dropbox, Skype, dan apa pun yang biasa Anda gunakan. (Anda juga dapat membuka setiap aplikasi dan masuk.)

Dan itu pada dasarnya! Anda dapat mengotak-atik pengaturan atau sepenuhnya menyesuaikan telepon dengan isi hati Anda bagaimanapun juga, ini adalah Android—tetapi sebagian besar hanya merupakan preferensi pribadi.

Satu tip terakhir? Pantau Asisten Google, asisten pribadi yang terintegrasi ke dalam Android yang dapat menjawab pertanyaan Anda, belajar dari penelusuran dan riwayat lokasi Anda untuk menyajikan informasi dan artikel yang tepat waktu, dan mengontrol perangkat rumah pintar yang kompatibel. Anda dapat melihat artikel berita yang dipersonalisasi yang dipilih oleh Asisten kapan saja dengan menggeser ke kanan di layar utama.

Untuk mengonfigurasi Asisten, buka Setelan, Aplikasi, Asisten, dan ketuk Lihat semua setelan Asisten di bagian bawah, tempat Anda dapat menyesuaikan cara kerjanya, jenis info apa yang berguna bagi Anda, jenis aktivasi suara yang Anda inginkan, jika ada, dan masih banyak lagi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.